Minggu 6
Jenis JenisPasar
- Pasar Konsumen
Pasar konsumen ini adalah pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi sendiri.
Bukan untuk dijual lagi, bukan juga untuk diproses lebih lanjut.
Termasuk kategori pasar konsumen adalah pembeli individu dan pembeli rumah tangga
non-bisnis. Barang yang dibeli adalah barang konsumsi
Contoh : Ibu rumah tangga yang membeli untuk keperluan sehari hari, anak anak yang
membeli jajanan di warung warung
- Pasar Industri
Di pasar industri, pembelinya bias individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri
Contoh : sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor atau gula, buah-buah-an dan es batu untuk usaha juice.
- Pasar Penjual
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contoh : Pedagang diwarung warung kecil, pedagang buah dipinggir jalan
- Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah ini adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain.
Contoh : PLN , PTKAI , PLTU
Skema Bauran Pasar

Tujuan Sistem Pemasaran
1.
Memaksimalkan Konsumsi
kegiatan – kegiaatanpemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada giliran nyaakan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
pandangan lain mengatakan bahwa tujuan system pemasaran adalah memaksimalkan kepuasan konsumen, bukan memaksimalkan konsumsi. Tetapi kepuasan konsumen sulit untuk diukur .Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap penggunaan suatu produk atau terhadap aktivitas pemasaran.Kedua, kepuasan yang
diperoleh terkadang diikuti kondisi yang kurang menyenangkan, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan.Ketiga, kepuasaan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu (barang bergengsi) sangat relatif, yaitu tergantung pada sedikit banyaknya orang lain yang
mengkonsumsi barang tersebut.
3.
memaksimalkan pilihan
Tujuan lain dari system pemasaran adalah memaksimalkan ragam produk danpilihankonsumen.
Meskipun sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang
dengan tepat dapat memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hiduup mereka,
tetapi kompensasinya adalah peningkatan biaya. Pertama, karenaproduk yang
semakinmahal dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen.Kedua,
pertambahan ragam produk tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan pilihannya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkuungan fisik,
maupun kualitas lingkungan budaya.
Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa mutu hidup adalah tujuan yang
bernilai bagi sistem pemasaran, meskipun tidak mudah mengukurnya karena setiap individu mempunyai penilaian berbeda terhadap suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar